Cara Membuat Email Forwarding di cPanel Hosting

Pradianto Blog – Untuk mengawali tahun baru 2018 ini, saya berusaha untuk mengaktifkan kembali blog ini dengan update yang bermanfaat bagi pembaca, khususnya yang baru berkunjung kesini, karna mungkin orang lama sudah banyak yang kabur karna dalam tahun 2017 saja update Cuma sebiji artikel doank dan itupun bukan saya yang nulis.

Sesuai judul diatas, saya akan mebagikan tips bagaimana caranya meneruskan pesan atau mem-forward email yang dibuat via Cpanel secara otomatis ke email utama kita yang ada di gmail maupun yahoo. Sebenarnya semua email bisa menjadi tujuan penerusan email tersebut, termasuk email dari dan ke cpanel lain.

Hebatnya lagi, forward bisa diarahkan lebih dari satu email, misal email@domainanda.com diteruskan ke email@gmail.com, email@yahoo.com, email@mail.com dan banyak lagi penyedia gratisan atau yang versi premium lainnya.

Manfaat dari meneruskan email  (menurut saya secara singkat) adalah:

  • Mempertahankan branding. Misal seperti saya memiliki blog dengan domain pradianto.info, maka dibuatlah (misal) email admin@pradianto.info dan diredirect ke email utama. Bayangkan jika saya punya puluhan atau bahkan ratusan blog yang mempertahankan brandingnya, maka dari sekian domain bisa kita arahkan kesatu email utama untuk meneruskan pesan yang masuk. Keuntungan saya adalah tidak perlu cek semua email, cukup yang utama saja sebagai jendela untama untuk melihat apakah ada inbox yang masuk dan dari email domain yang mana, baru dilakukan pengecekan segera jika ada yang perlu direspon.
  • Menginduk beberapa email sekaligus ke satu atau beberapa akun, sehingga kita tidak perlu capek-capek membuka email satu persatu untuk mengecek apakah ada email masuk atau tidak? Bayangkan jika kita memiliki puluhan, ratusan atau bahkan ribuan email untuk banyak website maupun klien yang menyerahkan projectnya ke kita?
  • Mempersingkat waktu. Kita tidak perlu login satu persatu email yang kita miliki, cukup dengan email utaa yang ditunjuk sebagai tujuan pengiriman pesan otomatis. Kalaupun ada email forwarder masuk ke inbox, tetap ada keterangan darimana email tersebut berasal, jadi bisa langsung dilacak atau kita baru melakukan login keakun tersebut.
  • Spammer yang main onlineshop atau monetize lainnya, cukup memantau dari email tertentu untuk melihat perkembangan projek yang sedang dikerjakan.
  • Bagi blogger atau para praktisi internet marketing yang memanfaatkan PBN (private blog network) dengan puluhan atau ratusan akun hosting yang telah dibuatkan email khusus untuk pengelolaan termasuk akun hosting itu sendiri, bisa memanfaatkan teknik ini untuk memanage banyak email dalam satu atau beberapa akun utama. Misal pemberitahuan soal kapan ada tagihan sebelum domain dan hosting expired.

Karna waktu terbatas dan sudah ngantuk, saya langsung saja ke materi praktek, mungkin lain waktu saya update melalui artikel lain.

Cara Membuat Email Forwarding di cPanel Hosting

  1. Silakan login ke cpanel dan cari tab EMAIL kemudial klik Forwarders

    Pilih tab email dan klik forwarders di cpanel
    Pilih tab email dan klik forwarders di cpanel
  2. maka akan muncul halaman baru, Klik Add Forwarders

    Klik Add Forwarder
    Klik Add Forwarder
  3. Kolom ADDRESS (Address Forwards) isi nama email kemudian pilih domainnya (barangkali dalam satu hosting ada banyak adon domain), misal email@pradianto.info

    isi email dari Cpanel dan Destination untuk email tujuan hasil Forward
    isi email dari Cpanel dan Destination untuk email tujuan hasil Forward
  4. Kolom Destination isi email tujuan pada tab button (Forward to Email Address), disini bebas mengisikan email tujuan anda, bisa dari gmail maupun yahoo atau yang lain, juga bisa email with domain yang dibuat dari cpanel lain. Contoh kali ini kita isi namaemail@gmail.com kemudian tekan Add Forwarder
  5. Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Sampel di gambar saya coba arahkan ke dua email yang berbeda, yakni ke email gmail dan yahoo.

    Contoh satu email yang di forward kedua email
    Contoh satu email yang di forward kedua email

Oiya, saya membuat tutorial ini dengan hosting dari namecheap dan untuk penambahan ke gmail tidak ada link ferivikasi diemail tujuan, pas coba submit ke email hosting ternyata langsung masuk dan diteruskan secara bersamaan. Menurut saya kita dapat melakukan teknik melanjutkan pesan dari sebuah email ke lebih dari sepuluh email tujuan.

Demikian ulasan singkat awal tahun baru, ditunggu update cara setting email forwarding dari layanan gratisan seperti gmail, yahoo, mail dan puluhan email terbaik yang tersebar diinternet. Semoga bermanfaat. (Pradianto)

You May Also Like

About the Author: Pradianto Blog

Membacalah jika Anda ingin mengenal Dunia Menulislah jika Anda ingin dikenal Dunia

2 Comments

  1. Wah mantap tutorialnya mas, Saya jadi ingin buat email forwarder juga, sayangnya saya belum punya hosting alias masih pakek platform blogger. Apa dengan begini saya juga masih bisa membuat email forwarder?

    1. Hampir semua email memiliki fasilitas forwarder mas Tri. Termasuk antar email gratisan yang beda founder seperti gmail yahoo dan sejawatnya, kalau ada kesempatan saya buat juga artikelnya. Keunggulannya kita bisa menyaring semua pesan yang masuk dari email lain. Tapi hati-hati.. jangan email yg sering dapat spam trus diforward, bisa repot nanti kebanyakan email masuk haha..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.