Info, Tutorial, Blog, Website, Domain, Hosting, Widget, Android, Desain, Download, Internet
Get Adobe Flash player

Pradianto Blog – Bagaimana cara membuat subdomain di cPanel hosting? Jika anda memiliki sebuah website atau blog niche yang membahas tema (nihce) khusus seperti kesehatan atau olahraga, dan anda ingin membuat tambahan niche yang dibahas maka anda tidak perlu membuat atau membeli domain dan hosting baru, sebab jika anda ingin membahas tema lain dari tema utama di suatu website anda cukup menggunakan sub domain, secara umum subdomain ialah sebuah nama domain lain yang dihasilkan dari domain utama, contoh  : pradianto.info merupakan domain utama sedangkan jika anda ingin membuat subdomain yang membahas tema lain dari tema utama maka anda bisa menambahnya dengan contoh : subdomain.pradianto.info

13 Cara Membuat Subdomain di cPanel Hosting

Cara Membuat Subdomain di cPanel Hosting

Berdasarkan karakteristik yang dimilikinya sub domain merupakan third level domain (domain ketiga) yang digunakan untuk mengatur tema baru (niche) di sebuah website dan umumnya subdomain diletakan di depan domain utama dan dipisah dengan tanda titik atau dot, dengan adanya subdomain makan maka anda dapat membuat suatu halaman khusus yang berda dari tema utama di website anda, namun masih ada kaitannya dengan tema utama di website anda.

Nah jika anda tertarik untuk menambahkan sub domain di situs yang anda kelola, berikut tutotial cara membuat subdomain di cpanel hosting, jika anda penasaran anda dapat menyimak baik-baik penjelasan kami di bawah ini:

  • Untuk menambahkan subdomain baru dari domain utama, maka anda bisa terlebih dahulu login ke cp panel hosting anda terlebih dahulu.
  • Setelah anda berhasil login ke cPanel hosting di website anda maka kemudian anda bisa melihat pada tab bagian Domains kemudian klik pada icon Subdomains tersebut.
  • Klik icon Subdomains  yang terdapat di cpanel hosting maka kemudian akan muncul halaman baru.13 Cara Membuat Subdomain di cPanel Hosting - Manage cPanel
  • Di halaman gambar di atas, tulis nama subdomain yang akan dibuat dan tentukan folder untuk menyimpan file-file subdomain tersebut kemudian klik “Create”.
  • Lakukan konfirmasi jika anda setuju dengna syarat dan ketentuan pada subdomain tersebut.
  • Subdomain baru berhasil dibuat, kemudian Klik tombol Go Back untuk kembali ke menu awal.
  • Pada kolom Modify a Subdomain berisikan informasi sbb :
  1. Subdomains .Root Domain : Merupakan Nama subdomain yang pernah anda buat sebelumnya.
  2. Document Root : digunakan untuk Menampilkan Letak Folder pada server hosting.
  3. Redirection : Digunakan untuk Menampilkan Link pengalihan dari domain utama.
  4. Actions : Umumnya digunakan di untuk me Manage Redirection dan Remove sub domain yang anda buat.
  5. Manage Redirection :  Digunakan untuk sebuah Pilihan dalam mengatur dan digunakan sebagai pengalihan pada subdomain.
  6. Remove :  Digunakan untuk menghapus subdomain yang gagal dibuat.

[ad] Empty ad slot (#5)!

Catatan : Untuk membuat subdomain pada website utama, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa penyedia hosting harus mengaktifkan fitur subdomain. Ketika Anda ingin membuka suatu kerjasama dengan orang lain dan ingin berbagi space dengan partner anda, Anda dapat membuat subdomain khusus untuk keperluan tersebut dimana masing-masing pihak mempunyai otorisasi (login) yang berbeda-beda dengan username dan password dari masing-masing partner anda. semoga cara membuat subdomain di cPanel hosting ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *