Cara Menambah Memori Internal Android (ROOT) Tanpa Atau Dengan PC

Category: Ponsel Android 0 2

Pradianto Blog – Artikel singkat mengenai cara menambah memori internal Android (ROOT) terbaru tanpa PC dan dengan menggunakan PC (pumayan lengkap). Kali saya ingin membuat sebuah Tutorial android yaitu “Cara memperbesar kapasitas Memori Internal Di Hp android, kalau saya di Hp zenfone 2 laser tentunya” nah dalam tutorial kali ini ingin saya tekankan terlebih dahulu bahwa untuk menambah kapasitas Memori internal RAM pada android jangan sampai disalah artikan misalnya saja untuk sekarang Internal anda sekitar 1 GB dan setelah mengikuti Turorial dibawah ini menjadi lebih menaik sekitar 2GB.

Maksud saya disini saya akan memberikan cara bagaimana menambah atau meningkatkan RAM internal Memori pada Hp android menggunakan Eksternal Memory yang bisa anda beli dan bisa anda gunakan untuk meningkatkan kapasitas Internal Memori pada Hp android anda.

Nah sahabat Dunia Blogging perlu anda ketahui bahwa cara menambah kapasitas memori internal di Hp android ini menggunakan sistem ROOT atau mencabut Hak akses menjadi pemilik sepenuhnya yaitu anda sendiri.

Jadi sebelum anda melakukan cara ini alangkah lebih baiknya kalau anda melakukan Rooting terlebih dahulu ke smartphone android supaya sukses dan berhasil.

Bukan hanya itu saja bantuan dari aplikasi Pihak ketiga juga berperan penting dalam proses peningkatakan internal memory di android yaitu dengan bantuan aplikasi Link2SD yang bisa anda download dan pasang gratis dari Google playstore.

Yuk langsung saja kita masuk ke “Cara menggabungkan Internal Memori Dan Eksternal Memori di Hp android Khususnya Untuk pengguna Asus zenfone 2 Laser“ walaupun cara ini saya menggunakan Hp zenfone 2 laser tapi masih berlaku juga untuk jenis smartphone android lainnya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk memperbesar Internal memori pada hp android :

  1. Download Minitool Parttion Wizard ( Untuk WINDOWS)
  2. Download Link2SD (Android)

Syarat :

  1. Kondisi Hp harus sudah dalam kedaan Rooting
  2. Menggunakan Memori eksternal Misalnya saja disini saya menggunakan kapasitas 8GB atau Juga 16 GB versi Class ( Agar Tidak lelet)
  3. Backup Terlebih dahulu memory Eksternal anda, karena dalam kondisi pembuatannya sendiri perlu dihapus hingga bersih.
  4. Siapkan Cardreader untuk proses pembuatan Internal memory di PC
  5. Langsung eksekusi !!

Langkah-Langkah melakukan penambahan internal Momory menggunakan PC dan Rooting android :

  • Langkah pertama anda siapkan terlebih dahulu PC yang bisa anda gunakan untuk proses pembuatan memory internal dengan menggunakan Memori Eksternal. Nah untuk itu download terlebih dahulu aplikasi Minitools Partition Wizard

Setelah itu siapkan Card Reader yang nantinya digunakan untuk memasukan Memory card yang sudah anda siapkan.

Kemudian colokkan ke PC namun sebelumnya kondisi Memori sudah anda bakcup terlebih dahulu agar datanya tidak hilang.

Karena untuk proses ini memori akan di hapus semuanya dan pastinya data anda akan hilang. Kemudian jika kedua bahan ini sudah disiapkan anda tinggal instal seperti biasanya saja aplikasi Minitools di Pc anda dan buka, kemudian setelah itu anda bisa melakukan Klik pada bagian “Launch Aplication” seperti gambar dibawah ini.

Aplikasi Minitools Partition Wizard
Aplikasi Minitools Partition Wizard

Colokkan Card reader yang sudah berisi memory card yang sudah disiapkan dari pertama tadi dan tunggu hingga proses selesai.

Jangan cabut card reader dalam proses Configurasi seperti dibawah ini karena pada proses ini card rider dan memory dalam keadaan loading data.

Card Reader Dalam Proses Configurasi
Card Reader Dalam Proses Configurasi

Kemudian pertama bisa klik pada “BASIC MBR“ kemudian setelah itu anda tinggal mengahapus semua isi dari memori Eksternal tadi dengan menekan menu DELETE.
Setelah itu pastikan bahwa kondisi dari memori card anda sudah dalam keadaan Unallocoted dan kemudian setelah itu anda bisa klik menu Create.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan mengubah Create As menjadi “Primary” kemudian setelah itu ubah pada bagian File system menjadi “Ext4”.

  • Kedua tentukan besarnya space yang akan digunakan untuk memori internal yang nantinya akan digunakan di Hp android anda, maksimal space yang bisa digunakan yaitu sekitar 2GB.

Lebih dari itu sama sekali tidak akan bisa berguna atau hanya sia-sia saja anda melakukannya.

Kemudian untuk sisanya sendiri maksimal 500 MB untuk menambah kapasitas RAM android. Yang mana misalnya saja 8 Gb akan terpotong 2 GB untuk internal memori dan 500 MB untuk RAM android, jadi untuk memory 8 GB bisa berkurang sekitar 2.5 GB yang mana hanya 5.5 GB saja yang tersisa untuk memori eksternal.

  • Kemudian yang ketiga isi nama Parttion Label dengan nama sesuai dengan keinginan anda. Tujuannya untuk memberi nama Memori internal yang akan anda gunakan.

Lihat digambar bawah ini.

Setelah itu pastikan bahwa anda sudah membaginya menjadi 3 Partition yang mana dari 3 partition itu dibagi untuk Memori Internal, memori Eksternal dan sisanya yaitu Dalam keadaan “Unllocated”.

Pertama anda bisa klik pada bagian Unallocated kemudian setelah itu anda bisa klik pada menu crate. Dan lihat gambar dibawah ini biar lebih jelasnya, kemudian setelah itu klik YES untuk notif yang akan diberikan.

Nah kemudian setelah itu anda bisa klik pada bagian APPLY dan kemudian setelah itu anda bisa klik pada bagian YES untuk notifikasi yang muncul. Tunggu hingga proses pembuatan selesai….

Ok sahabat android untuk pembuatan memori Eksternal menjadi memori tambahan sudah selesai.

Langkah berikutnya kita akan masuk ke bagian penambahan di hp android anda, yaitu dengan menginstal aplikasi Link2SD yang mana nantinya anda bisa menginstal aplikasi secara otomatis di Hp anda dan tentu saja kinerjanya menjadi lebih cepat dari biasanya.

Download terlebih dahulu aplikasi Link2SD dan ijinkan dengan klik Grant pada bagian aplikasi untuk persetujuan superSU. Lihat gambar dibawah ini.

Kemudian tunggu terlebih dahulu hingga Link2SD mengkonfirgurasi memori.

Oya sebelumnya tadi masukan terlebih dahulu yah memori Card yang sudah di partition di Pc tadi ke Hp android anda. Kemudian klik pada bagian EXT4 dan jangan tanya lagi… Klik Ok.

Kemudian Link2SD akan membuat script, pastikan kondisi Hp memiliki daya yang lebih.

Karena akan memakan waktu sedikit lebih lama. Langkah berikutnya akan muncul Restart. Dan klik Restart nantinya reboot ulang dan biasanya agak lama. Jadi tunggu saja.

Nah sekarang anda bisa menginstal aplikasi seperti biasanya di Hp android anda dan secara otomatis akan langsung masuk ke Memori internal yang sudah di gabungkan dengan memory eksternal dengan Link2SD tadi. Selesai deh dan selamat mencoba.

Ok sahabat android sampai disini tutorial kita sudah berhasil, semoga artikel mengenai Tips dan cara menambah kapasitas RAM dan Memori Internal di android bisa bermanfaat untuk para pemula pengguna Hp android. Terimakasih. (Dionisius)

Share Button

Related Articles

2 thoughts on “Cara Menambah Memori Internal Android (ROOT) Tanpa Atau Dengan PC

  1. Try Agung

    Judulnya bikin penasaran, dan dlm bayangan saya, apa bisa memory internal andoid ditambah.

    over all tutorialnya bagus, penyempaianya juga enak.

    great job

    Reply

Add Comment