Info, Tutorial, Blog, Website, Domain, Hosting, Widget, Android, Desain, Download, Internet
Get Adobe Flash player

Tahukah anda perbedaan Domain TLD dan Subdomain yang banyak tersedia gratisan untuk perkembangan sebuah blog? Sering kali kita mengetahui bahwa untuk membuat sebuah Blog sendiri membutuhkan yang namanya Domain. Domain itu merupakan sebuah nama atau alamat yang nantinya akan digunakan untuk proses pembuatan sebuah Blog. Misalnya saja blog dengan domain pradianto.info, Ini merupakan salah satu jenis domain Profesional TLD Yang pastinya premium setiap tahunnya harus membayar beberapa Rupiah sesuai dengan harga yang diberikan oleh server domainnya sendiri. Nah sahabat blogging biar makin jelas lagi disini saya akan memberikan sedikit perbedaan dari penggunaan nama domain TLD Top Level Domain dan Subdomain Gratisan.

perbedaan-domain-tld-dan-subdomain-gratisan

pic: desainweb.com

Domain TLD ( Top Level Domain )

Merupakan sebuah Intansi yang digunakan oleh banyak orang untuk membuat sebuah blog atau website dengan menggunakan custom domain yang lebih pendek dan sesuai dengan keinginan diri sendiri tampa embel-embel sama sekali, Misalnya facesiana.com, Pradianto.info. Ini merupakan salah satu nama domain premium yang artinya bebayar setiap tahunnya. Tergantung untuk masalah Harga setiap penyedia nama domain mempunyai nilai harga yang berbeda-beda. Kelebihan dari Domain TLD sendiri mungkin anda sudah cukup tahu yah.

Nah kalau yang belum sama sekali tahu mari simak ulasannya dibawah ini:

  • Nama domain lebih professional karena memberikan cirri khas yang untuk kepada para admin Blog atau website.
  • Lebih mudah terindeks di mesin pencari karena sifatnya yang mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari sendiri, dan yang pasti tidak heran kalau nama domain ini lebih dominan di serp engine google.
  • Pembuatan nama domain sesuai dengan keinginan, namun juga tidak semu nama bisa di custom domain. Biasanya sudah ada yang mendaftarkan nama domain terlebih dahulu sehingga anda tidak bisa mendaftarkannya lagi, kecuali jika mengubah Ekstensi COM, NET, ORG itu masih bisa.
  • Nama domain ini juga mudah untuk di optimasi, Bekerjasama dengan reseller manapun, Lebih diakui oleh pebisnis dan mempunyai nilai jual yang begitu tinggi jika nama domain yang anda gunakan sangat terbatas.
  • Banyak pilihan ekstensi nama domain dengana akhiran yang beraneka ragam misalnya saja, Akhiran .com, Net, Org, Info, web.id,my.id\

Subdomain Gratisan

Sebenarnya subdomain gratisan ini merupakan turunan dari domain utama atau nama domain yang paling Pokok. Misalnya saja www.blogger.com. Kemudian anda membuat sebuah blog dengan subdomain gratisan maka akan mendapatkan alamat seperti ini. Contoh saja pradianto.blogspot.com Nah embel-embel blogspot itu tidak akan hilang kecuali jika anda melakukan custom domain terlebih dahulu. Itu yang disebut dengan subdomain.

Akan saya berikan contoh lagi, pada dasarnya subdomain ini bukan hanya bisa didapatkan dari blogger.com dan wordpress.com saja. Tapi pecahan dari nama domain utama anda juga bisa, misalnya. www.pradianto.info. Dan saya ingin membuat blog dengan menurunkan subdomain dari facesiana.com tadi. Misalnya blog Gadget. Maka akan seperti ini www.gadget.pradianto.info. Nah pemecahan nama domain ini bukan hanya bisa dilakukan 1 kali saja tapi anda anda bisa membuatkan menjadi lebih banyak. Misalnya : Gadget.pradianto.info, Blog.pradianto.info, Kesehatan.pradianto.info. Dan lain-lain. Nah itulah sedikit perbedaan domain TLD ( Top Level Domain ) Dengan subdomain gratisan. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *