Info, Tutorial, Blog, Website, Domain, Hosting, Widget, Android, Desain, Download, Internet
Get Adobe Flash player

Pradianto Blog – Indonesia berada di grup A pada piala AFF edisi suzuki cup 2014 yang berlangsung di Vietnam, di Laga Perdana Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah yang dikenal sebagai salah satu kontestan unggulan pada ajang bergengsi di Asia Tenggara ini.

Tahun ini Indonesia tergabung dalam grup yang terhitung agak mudah jika dibandingkan grup B, yang berisi tiga grup tangguh Asia tenggara yang pernah menjadi pemuncak piala AFF seperti Singapura (4 Kali), Thailand (3 kali) dan Malaysia (1 kali) ditambah dengan negara yang pada era 1960an dikenal sebagai salah satu negara tangguh di Asia yaitu Myanmar.

Lawan terberat Indonesia praktis hanya Vietnam yang memiliki fanatisme sepakbola tinggi sebagaimana Indonesia, meskipun begitu Filipina dan Laos yang sedang mengembangkan sepakbola mereka dengan cukup intens bisa menjadi tantangan bagi Indonesia. Jika Indonesia ingin lolos dari penyisihan grup, Indonesia wajib meraih poin penuh menghadapi dua tim kuda hitam tersebut (Filipina dan Laos), hitung-hitungan sederhananya meskipun nanti dilaga awal Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah, Indonesia tetap masih memiliki peluang besar untuk lolos ke semifinal dengan catatan berhasil memenangkan laga menghadapi dua tim yang secara kultural tidak pernah bisa mengungguli timnas Indonesia.

Namun alangkah lebih baik tentunya jika Indonesia bisa mengamankan poin tiga angka pertama ketika menghadapi tuan rumah Vietnam, jika kita sukses mengalahkan Vietnam dilaga awal maka kita hanya perlu mencari satu kemenangan saja ketika menghadapi Filipina atau Laos yang terhitung kekuatannya masih satu tingkat di bawah kita.

Para pengamat sepakbola Asia tenggara tentunya sudah memperkirakan dua tim yang lolos dari grup A, yaitu Indonesia dan Vietnam. Sedangkan di grup B, persaingan agak susah diprediksi, Malaysia yang menjadi juara pada edisi Piala AFF 2010 tentu akan berusaha bangkit dari keterpurukannya pada tahun 2012, sedangkan Singapura jelas akan berusaha sekuat tenaga mereka untuk mempertahankan legitimasi mereka sebagai negara penguasa sepakbola Asia Tenggara, sedangkan Thailand yang memiliki pengalaman di tingkat Asia melebihi negara-negera Asia Tenggara yang lain tentu akan berupaya membalas dendam kekalahannya dari Singapura pada laga final 2 tahun lalu.

Pertemuan Malaysia dan Singapura adalah pertarungan penuh gengsi sebagai dua negara yang dulunya pernah bersatu, sedangkan pertemuan antara Thailand dan Malaysia tetap menjadi pertarungan antara dua negara tetangga yang bersaing dalam segala bidang olahraga, sedangkan pertemuan antara Thailand dan Singapura adalah pertarungan penuh dendam dan rasa penasaran Thailand, disebabkan karena Thailand tidak pernah menjadi Juara Piala AFF saat bertemu dengan Singapura di partai pemuncak.

Piala AFF tahun 2014 ini akan menjadi tahun yang sangat menarik, setiap pertandingan akan menjadi laga penuh gengsi bagi negara-negara tangguh di Asia tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Vietnam sedangkan negara yang tahun ini menjadi kuda hitam seperti Myanmar, Filipina dan Laos jelas akan tetap menjadi tantangan tersendiri bagi kelima negara itu.

Sabtu 22 November 16:00    =    Filipina vs Laos
Sabtu 22 November 19:00    =    Indonesia vs Vietnam
Selasa 25 November 16:00    =    Filipina vs Indonesia
Selasa 25 November 19:00    =    Laos vs Vietnam
Jum’at 28 November 19:00    =    Indonesia vs Laos
Jum’at 28 November 19:00    =    Vietnam vs Filipina

Sepanjang Sembilan kali pergelaran Piala AFF sejak tahun 1996, Indonesia belum pernah sekalipun berhasil menjadi Juara,meskipun pernah empat kali berhasil masuk ke final di tahun 2000, 2002, 2004 dan 2010. Sebagai pencinta sepakbola nasional kita tentunya tetap menaruh ekspektasi disetiap berlangsungnya piala AFF, semoga saja di tahun ini kita berhasil menduduki peringkat pertama piala AFF.

Berikut Riwayat Final Piala AFF sejak Tahun 1996

TahunTuan RumahFinalis
1996SingapuraThailand 1 – 0 Malaysia
1998VietnamSingapura 1- 0 Vietnam
2000ThailandThailand 4-1 Indonesia
2002Indonesia dan SingapuraThailand 2-2 Indonesia (4-2)
2004Malaysia dan VietnamSingapura (agregat 5-2) Indonesia
2006Singapura dan ThailandSingapura (agregat 3-2) Thailand
2008Indonesia dan ThailandVietnam (agregat 3-2) Thailand
2010Vietnam dan IndonesiaMalaysia (agregat 4-2) Indonesia
2012Malaysia dan ThailandSingapura (agregat 3-2) Thailand

Sepakterjang timnas Indonesia akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, selamat menikmati pesta sepakbola terbesar di Asia Tenggara.

Oleh: Zulfahri Afiat

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *