Tutorial Cara Memasang Related Post LinkWithin pada Blog

Category: Plugin Widget, Tutorial, Website Blog 0 7

Pengin pengunjung blog anda betah berlama-lama membaca banyak artikel di blog? Berikut tutorial cara memasang related post dari linkwithin. Ya, kita sebagai blogger pasti tau kalau relasi antar posting (berupa link artikel lain dalam satu blog) dapat ditempatkan secara otomatis dibawah setiap posting, link tersebut diambil secara acak dari arsip artikel blog jika artikel terkait dengan topik yang sama belum ada. Yang jelas, semakin banyak link judul artikel lain dalam sebuah posting, pengunjung akan mencoba membaca artikel yang lainnya, secara tidak langsung pengunjung akan lebih lama mengunjungi blog kesayangan anda.

Kelebihan Linkwithin ini adalah dapat mengindeks semua artikel dalam blog dan menampilkannya dibawah posting secara otomatis. Jumlahnya pun dapat disesuaikan dengan lebarnya halaman posting, ada tiga pilihan related post yang dapat dipilih (3,4,5). Keuntungan yang lain adalah dapat meningkatkan (view) tampilan halaman artikel (posting), widget/plugin linkwithin juga dapat menampilkan posting yang relevan dengan posting tertentu, sehingga dapat emningkatkan lalulintas blog anda.

Linkwithin didesain secara sederhana tetapi elegant dan dapat menyesuaikan dengan desain blog atau situs anda. Kelebihan lain yang tidak kalah penting adalah mudah untuk proses instalasinya dan GRATIS. Tidak ribet dengan proses pendaftaran yang rumit, cukup satu menit saja untuk membuatnya, gak percaya? Ayoo kita coba disini deh..

Untuk artikel kali ini saya terapkan untuk Platform blog WordPress SelfHosted ya (wordpress.org), untuk Blogger.com or platform yang lainnya cara setting hampir sama.

  • Silakan buka web [button link=”http://www.linkwithin.com” color=”purple” newwindow=”yes”] Linkwithin[/button]
Cara Memasang Related Post LinkWithin pada Blog - Setting
Cara Memasang Widget Related Post LinkWithin
  • Segera isi sesuai dengan kebutuhan blog anda. Email (masukkan email anda), Blog Link (isi URL blog anda), Platform (pilih salah satu: Blogger / WordPress SelfHosted / Typepad / Other), Width (pilih relatedpost yang ditampilkan: 3/4/5 stories), Silakan tentukan background linkwithin My blog has light text on a dark background
  • Jika sudah selesai mengisi, segera klik Get Widget
  • Silakan klik link linkwithin.zip untuk mendownload ke hardisk anda.
Cara Memasang Related Post LinkWithin pada Blog - Download
Download Linkwithin.zip
  • Instal Plugin yang telah di Download. Lihat dashboard wordpress anda dan pilih Plugins klik Add New. Pilih Upload, silakan klok Browse untuk proses upload (ambil file linkwithin yang barusan di download) dan klik Instal Now
Cara Memasang Related Post LinkWithin pada Blog - Instal Plugin
Instalasi Widget / Plugin LinkWithin
  • Selanjutnya klik Activate Plugin supaya plugin aktif dalam blog wordpress anda.
  • Selanjutnya pilih Tools klik Export
  • Selesai. Silakan cek blog or web wordpress anda, maka akan nampak secaa otomatis link terkaitnya seperti gambar dibawah ini:
Cara Memasang Related Post LinkWithin pada Blog - Linkwithin Sukses dipasang
Hasil – Linkwithin Sukses dipasang

Oke, Selamat berkarya dan terus semangat belajar. Sebenernya banyak tutorial blog or web berbasis wordpress, tapi saya bagi yang seperlunya saja dulu ya, karena saat ini trik lainnya masih dijadikan lahan rupiah, hehe.. Silakan dicoba dan share ke tetangga or keluarga yang membutuhkan tutorial ini, semoga berkah. Salam Bloggerman!!!

Share Button

Related Articles

7 thoughts on “Tutorial Cara Memasang Related Post LinkWithin pada Blog

    1. Pradianto Blog

      Hehe.. iya gan, coba aja ente terapkan di blog, walau tutorial dibuat khusus untuk pengguna wordpress, tetatpi mudah juga diterapkan di blogspot. Jika info ini bermanfaat, saya pun merasa lebih senang 🙂

      Reply
  1. febie darmita

    sudah saya coba,dan linkwithin nya sudah ada di blog, tpi kenapa setiap saya buka artikel saya linkwithinya selalu kosong bisa bantu mas ?

    Reply
    1. Pradianto Blog

      coba cek lagi langkah-langkah nya, barangkali ada yang terlewat bro.. or daftar ulang aja, jgn lupa pilih wordpress yg sel-fhosted ya.. soal nya artikel linkwithin ini saya buat sambil mempraktekkan kembali langkah dari awal sampai selesai penempatan nya..

      Reply
    1. Pradianto Blog

      iya masbro, related post punya ente khusus buat blogcepot aja, kl yg ini bs buat wordpress & platform lain juga. tep yg punya ente lebih optimal jika diterapkan di blogcepot

      Reply

Add Comment