Tutorial Cara Memilih Hosting Yang Bagus

Category: Hosting, Tutorial 0 2

Mengapa saya perlu mengulas Tutorial Cara Memilih Hosting Yang Bagus? Karena kebutuhkan akan hosting makin meningkat khususnya mereka yang akan membuat website untuk personal, bisnis, komunitas maupun untuk perusahaan. Website professional membutuhkan domain dan hosting yang bagus. Yang jelas, setiap orang tidak mungkin akan memilih domain dan hosting asal-asalan kan? Nah, untuk tutorial memilih domain akan diulas lain waktu, sedangkan untuk tutorial memilih hosting simak baik-baik infonya, karna akan ada manfaatnya lho, jangan sampai anda salah memilih yang berakibat fatal terhadap perkembangan website kedepan.

Tutorial Cara Memilih Hosting Yang Bagus
Tutorial Cara Memilih Hosting Yang Bagus

Inilah cara untuk memilih hosting yang bagus, sebaiknya pertimbangkan baik-baik beberapa informasi berikut:

  1. Harga terjangkau atau murah dengan kualitas hosting terbaik (pilihan utama)
  2. Pilihlah hosting sesuai dengan kebutuhan, biasanya penyedia hosting akan menyediakan paket-paket hosting alternatif. Anda bisa menentukan jenis hosting untuk website maupun blog yang akan dibuat.
  3. Pastikan memilih server hosting sesuai dengan target visior website anda. Jika target visitor adalah Indonesia, maka pilihlah hosting IIX (server berada di Indonesia). Sedangkan untuk target visitor website anda adalah luar negeri, maka diutamakan menggunakan server USA.
  4. Pilihlah hosting yang memiliki fitur yang lengkap, misal support PHP, MySQL, Add On Domain maupun Subdomain.
  5. Jumlah akun dan fitur email. Apakah hosting yang anda beli support dengan fitur email? Misalkan perusahaan anda membutuhkan beberapa acoount email dengan domain perusahaan untuk para karyawan, maka perhatikan seberapa banyak anda dapat membuat email pada hosting tersebut.
  6. Pehatikan jumlah database yang dapat dibuat, kembali lagi ini tergantung kebutuhan. Jika anda akan menginstal beberapa website dalam satu hosting (misal menggunakan subdomain), maka dibutuhkan lebih banyak database yang akan dibuat.
  7. Cek kecepatan hosting yang anda gunakan, bisa dicek menggunakan tools berikut http://host-tracker.com.
  8. Perhatikan Banwith dan Space dari hosting yang akan dipilih, dianjurkan memilih banwith yang unlimited, tetapi biasanya harga lebih mahal daripada banwith yang terbatas.
  9. Jangan mengabaikan fasilitas keamanan dari hosting yang anda sewa, karna hosting tersebut akan digunakan untuk menaruh file-file penting anda. Fasilitas backup data website dan garansi tentunya menjadi pilihan utama yang harus diperhatikan.
  10. Jika sudah memilih perusahaan hosting mana yang akan anda gunakan, jangan lupa cek via forum-forum atau melalui refferensi orang yang terbiasa menggunakan hosting terhadap perusahaan tersebut.
  11. Perusahaan layanan hosting sudah memiliki badan hukum, ada legalitas dari pemerintah. Jadi memiliki jaminan bahwa hosting tersebut berada di tangan yang benar.
  12. Pastikan hosting yang anda pilih memiliki pelayanan yang bagus, diharapkan bisa mensupport selama 24jam perhari.

Tutorial hosting diatas hanya sebagian kecil dan yang umum saja, karena masih banyak pertimbangan lain yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting yang bagus, rekomendasi saya adalah beli hosting di idhostingweb. Semoga bermanfaat ya..

Share Button

Related Articles

2 thoughts on “Tutorial Cara Memilih Hosting Yang Bagus

  1. Freya

    :mrgreen:
    Dulu gw pernah nyoba pake jasa hosting berbayar di jaringan hosting, buat blog doang sekalian buat tugas kuliah. bagus sih
    dapet A soalnya diupload, dibanding cuma ngasih skrinshoot localhost doang 😆

    Reply
    1. Pradianto Blog

      haha.. iya gan, kalo dulu kan ente masih tahap belajar, jd wajar pake hosting yg gratisan, kl sekarang ada blog pribadi pasti udah pk hosting premium dah, karna blogging kan merupakan “hobby” & hobby itu gak murah alias pasti kita ada sedikit berkorban untuk memuaskan kegemaran kita & itu yang harus dibayar walau tidak selalu dengan uang.. nice info gan, perlu dicek kualitas hosting tsb, kali aja ane tertarik 🙂

      Reply

Add Comment